Peduli dengan Kelestarian Orangutan Indonesia

Atourin Talk #3: Peduli dengan Kelestarian Orangutan Indonesia

Atourin Talk #3

Atourin kembali menyelenggarakan Atourin Talk pada pertengahan Agustus 2020 ini. Atourin bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Leuser, tema yang diangkat kali ini yaitu Peduli dengan Kelestarian Orangutan. Mengingat tanggal 19 Agustus merupakan Hari Orangutan Sedunia, tema ini diangkat sebagai bentuk kepedulian Atourin terhadap kelestarian orangutan di Indonesia.

Taman Nasional Gunung Leuser sendiri merupakan Taman Nasional yang berada di 2 provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Dari segi biodiversitas, vegetasi di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser memiliki berbagai spesies mamalia. Dari ratusan spesies mamalia besar dan kecil di Sumatera, sebesar 65% di antaranya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Terdapat satwa kunci sebanyak empat spesies yaitu harimau Sumatera, gajah Sumatera, badak Sumatera, dan orangutan Sumatera.

Bersamaan dengan Hari Orangutan Sedunia yang diperingati pada bulan Agustus, maka tema yang diangkat kini didasari oleh hal tersebut. Di Asia, orangutan merupakan satu-satunya primata jenis kera besar. Konon katanya sekitar 20 ribu tahun lalu di seluruh daratan Asia Tenggara ditemukan persebaran populasi orangutan. Namun, terjadinya evolusi membuat penyebaran populasi kera besar sekitar 90% lebih terdapat di Indonesia. Orangutan dapat dikatakan merupakan salah satu spesies endemik Indonesia, karena hanya ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Di Indonesia sendiri, terdapat tiga spesies orangutan, yakni orangutan Sumatera (Pongo abelii), orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis).

Dalam hukum nasional, berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya, orangutan merupakan satwa yang dilindungi. Namun, sayangnya ketiga spesies orangutan di Indonesia tersebut kini berstatus kritis (critically endangered/CR) yang mengkategorikan bahwa spesies tersebut berisiko tinggi untuk punah di alam liar. Hal tersebut terjadi akibat dari hilangnya habitat yang dimiliki yaitu hutan. Selain itu, orangutan juga banyak diburu karena dianggap hama oleh masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dan biasanya membuka perkebunan. Yang menyedihkan lagi ketika bayi primata tersebut diperjualbelikan secara ilegal.

Dalam Atourin Talk kali ini, kita akan membahas mengenai populasi orangutan, ancaman yang terjadi pada orangutan, dan bagaimana melestarikan fauna orangutan.

Waktu Acara

Rabu, 19 Agustus 2020
13.00 - 15.00 WIB

Webinar ini dilakukan via aplikasi Zoom

Pendaftaran Acara

Pendaftaran dibuka sampai Selasa, 18 Agustus 2020 jam 21.00 WIB

Acara ini adalah gratis dan terbuka untuk umum. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan:

  • sertifikat elektronik (e-certificate)
  • kesempatan mendapat hadiah dari Atourin atau sponsor
  • tentunya, pengetahuan, dan pengalaman menarik terkait dengan tema yang diangkat

Narahubung

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di:
Ririn 0812-2040-1113

Terima kasih dan kami tunggu partisipasinya di Atourin Talk #3!