Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Ramah Lingkungan

Atourin Talk #8: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Ramah Lingkungan

Atourin Talk #8

Tahun 2021 ditetapkan sebagai Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia atau “International Year of Creative Economy for Sustainable Development” oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Indonesia menjadi inisiator dalam resolusi PBB untuk penetapan tersebut. Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa dan kayaknya seni budaya dan sumber daya alam, memiliki modal yang sangat besar untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor ekonomi utama negeri ini. Berdasarkan data pada yang dihimpun dalam OPUS Ekonomi Kreatif tahun 2019, ekonomi kreatif menyumbang Rp 1.105 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2019. Angka ini adalah nomor tiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Di masa pandemi dan pemulihan ekonomi, ekonomi diharapkan tetap bergeliat dan mendorong peningkatan jumlah lapangan kerja bagi masyarakat.

Ekonomi kreatif sendiri dibagi menjadi 17 subsektor yakni arsitektur, desain interior, desain-komunikasi-visual (DKV), desain produk, fashion, film-animasi-video, fotografi periklanan, kerajinan (kriya), kuliner, musik, aplikasi, pengembangan permainan, penerbitan, periklanan, tv dan radio, seni pertunjukkan, dan seni rupa.

Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia tentu melibatkan banyak sekali pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, media massa, sektor swasta, institusi pendidikan, masyarakat, dan tentunya pelaku ekonomi kreatif itu sendiri. Inisiatif-inisiatif pengembangan produk atau jasa kreatif menjadi kesempatan sekaligus potensi bisnis. Pengembangan produk atau jasa yang ramah lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat tertentu, pasti akan memberikan nilai tambah dan cerita tersendiri karena produk atau jasa ini akan membawa misi baik itu pelestarian lingkungan dan/atau pemberdayaan masyarakat.

Atourin Talk #8 kali ini akan mengundang pembicara yang berkompeten dan berpengalaman dalam pengembangan produk kreatif berbasis lingkungan dan pengabdian masyarakat. Peserta akan diajak untuk memahami pentingnya industri kreatif, produk ramah lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Waktu Acara

Sabtu, 23 Januari 2021
13.00 - 15.00 WIB

Webinar ini dilakukan via aplikasi Zoom

Pendaftaran Acara

Pendaftaran dibuka sampai Jumat, 22 Januari 2020 jam 21.00 WIB

Acara ini adalah gratis dan terbuka untuk umum. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan:

  • sertifikat elektronik (e-certificate)
  • kesempatan mendapat reward menarik dari Atourin
  • tentunya, pengetahuan, dan pengalaman menarik terkait dengan tema yang diangkat

Narahubung

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di:
Ririn 0812-2040-1113

Terima kasih dan kami tunggu partisipasinya di Atourin Talk #8!