Kawah Putih

• -
Dilihat Oleh

396 pengguna

Kawah putih merupakan sebuah danau alam yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha beberapa ratus tahun yang lalu. Tanah di kawasan kawah ini karena bercampur dengan belerang menjadikannya berwarna putih. Sementara air yang berada di kawah Gunung Patuha ini berwarna putih kehijauan, dan yang menjadi keistimewaan khusus bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata alam yang menakjubkan ini, terkadang air di kawah putih ini bisa berubah warna pada suatu waktu tertentu. Kawah Putih ini berada pada ketinggian lebih dari 2090 mdpl, dibawah puncak tertinggi Gunung Patuha di Ciwidey ini.

Pada abad ke 10 terjadi Letusan hebat oleh Gunung Patuha yang membentuk suatu danau yang berwarna putih. Dulunya Banyak binatang atau burung yang mati saat melewati kawasan itu, jadi warga disekitar kawah ciwidey merasa takut dan tidak berani untuk mendekati kawasan kawah tersebut, karena menganggap bahwa kawah tersebut angker. Tetapi pada suatu ketika pada tahun 1837 seorang ahli yang bernama Dr. Franz Wilhelm memberanikan diri untuk mendekati kawah putih tersebut. Tidak disangka banyakya binatang atau burung yang mati disana tidak lain karena bau belerang yang sangat menyengat. Dan mulai sejak tahun 1987 itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

• Masuk wisatawan local (weekday): Rp 20.000
  • Cafe
  • Pusat Informasi
  1. Menggunakan kendaraan pribadi:
        Melalui Tol Purbaleunyi (Pintu Tol Kopo), kemudian belok kanan menuju arah Soreang, dari situ kemudian lanjut ke Ciwidey dan sampai di lokasi Wisata Kawah Putih Ciwidey.

2. Ke Bandung menggunakan pesawat:
        Setelah sampai di Bandara Husein, carilah angkot berwarna hijau jurusan Leuwi Pajang. Dari Terminal Leuwi Panjang kemudian lanjutkan menggunakan mobile Colt L300 atau mini bus jurusan Ciwidey. Dari Ciwidey ke Kawah Putih gunakanlah angkot berwarna kuning dan mintalah turun di depan pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey.

3. Ke Bandung menggunakan kereta:
    • Setelah sampai di Stasiun Bandung keluarlah dengan memilih pintu di sisi utara (Pinggir Jalan Kebon Kawung), lalu naiklah Angkot Jurusan Sadang Serang-Caringin berwarna biru Nomor 34 dan minta untuk diturunkan di Jalan Kopo.
    • Dari Jalan Kopo, naiklah Colt L300 jurusan Bandung-Ciwidey, jika malas menggunakan Colt Anda bisa naik bus Jurusan Bandung-Ciwidey yang turun di Terminal Ciwidey.
    • Dari Terminal Ciwidey dilanjutkan dengan naik angkutan umum jurusan Ciwidey-Situs Patengang, berwarna Kuning. Kemudian turunlah di depan pintu masuk Kawah Putih.

4. Ke Bandung menggunakan bus:
    • Dari terminal Leuwi Pajang, naiklah bus atau mini bus jurusan Bandung-Ciwidey dan berhentilah di Terminal Ciwidey.
    • Dari Terminal Ciwidey dilanjutkan dengan naik angkutan umum jurusan Ciwidey-Situs Patengang. Umumnya Angkot jurusan Ciwidey-Situs Patengang berwarna Kuning. Kemudian turunlah di depan pintu masuk Kawah Putih.
  • Rute mudah ditempuh
  • Jalan beraspal
  • Jalan naik turun
  • Dilewati kendaraan umum
  • Bisa naik motor
  • Bisa naik mobil
  • Bisa naik kendaraan besar
  1. Berangkatlah mulai pagi hari agar pada siang hari bisa melihat warna maksimal dari kawah putih. Selain itu anda bisa memiliki waktu lebih untuk berfoto dan bersantai.
  2. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi maka gunakanlah kendaraan sepeda motor agar lebih leluasa melaju dijalan.
  3. Jangan berangkat menggunakan kendaraan bermobil pada long weekend ataupun hari libur, karena kemacetan jalan menuju destinasi wisata kota Bandung menyaingi kemacetan di Jakarta.
  4. Berangkatlah pada musim panas antara bulan Februari – Oktober agar bisa melihat indahnya warna kawah.
  5. Jangan lupa membawa powerbank agar bisa main hp sepuasnya.
  6. Bawalah masker, karena bau dari kawahterkadang menyengat bergantung dari kandungan belerang (dari pada beli disana harganya Rp 10.000,-/masker)
  7. Bawalah cemilan karena di tempat ini bebas membawa cemilan untuk menghemat pengeluaran disana.
  8. Bawalah cover handphone untuk jaga-jaga dikalau turun hujan anda masih bisa menggunakan maps dijalan.
  9. Bawalah jas hujan dari plastik untuk mengantisipasi apabila turun hujan.
  10. Jangan lebih dari 15 menit saat berada di kawah, untuk menghindari anda dari sesak nafas karena belerang.
  11. Jangan gunakan dress atau pakaian pesta lainnya, hindari penggunaan wedges dan high heels.
  12. Bawalah jaket atau pakaian yang bebahan kain tebal karena suhu di kawasan Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey bisa mencapai 8° C.