Pasar Baru

Pasar Baru

Keluarga
Kontak

-

Waktu Operasional

7:00-17:00

Durasi Terbaik

2 jam

Waktu Terbaik

9:00-11:00

Biaya

Rp 100.000-300.000

Website

-

Media Sosial
  • -
Dilihat Oleh

99 pengguna

Percaya tidak percaya, pasar yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung ini bisa dibilang sebagai pasar modern tertua di kota Bandung. Faktanya, pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1884, atau pada zaman Belanda. Pasar legendaris ini terletak tidak jauh dari Jalan Asia Afrika, sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Munurut sejarahnya, pasar Baru Bandung ini bernama Pasar Baroeweg. Pasar ini dibangun Belanda untuk menggantikan Pasar Tjigoeriang yang hangus terbakar pada Desember 1842 dalam peristiwa Munada.

Pada tahun 1906, Pasar Baroeweg mulai berkembang sehingga dibangunlah berbagai gerai mulai dari depan hingga belakang pasar. Sampai pada tahun 1930-an, bangunan pasar ini dibuat secara permanen dan bertingkat.

Dan menuju pada masa pasca kemerdekaan Indonesia, di tahun 1970, nama Pasar Baroeweg ini diganti menjadi Pasar Baru Bandung dan menjadikannya sebagai pasar modern pertama yang berada di Bandung. Namun meski disebut sebagai pasar modern, pasar ini masih banyak mempertahankan nuansa tradisional yang sudah menjadi ciri khasnya sejak dahulu.

-
  • 0

Menggunakan kendaraan umum

        Dari Terminal Bis Leuwipanjang

  • Naik angkot jurusan Kebon Kelapa dan berhenti di samping ITC, lalu dilanjutkan dengan naik angkot warna biru jurusan Kelapa – Sukajadi dan turun di pabrik Kopi Aroma, dari situ lokai Pasar Baru sudah dekat tinggal jalan lurus melewati jalan kecil untuk sampai di lokasi.
        Dari Stasiun Hall Bandung

  • Keluar melalui pintu utara, lalu naik angkot yang berwarna hijau muda jurusan Gede Bage – St. Hall dan turun di depan Pasar Baru.

        Dari Bandara Husein Sastranegara

  • Jika Anda datang dari luar kota Bandung dengan menggunakan pesawat, maka sangat disarankan untuk menggunakan taksi karena untuk menaiki angkot kita harus berjalan agak jauh. Untuk menggunakan jasa taksi sebaiknya kita tidak menggunakan argo tapi langsung bernegosiasi mengenai ongkos jalan ke Pasar Baru Trade Center ini.
  • 0
  • Lebih baik Anda berangkat lebih pagi jika ingin tiba cepat dan tidak terjebak kepadatan lalu lintas karena jalan menuju pasar ini dikenal rawan macet.
  • Dalam membeli kebutuhan, sebaiknya lakukan dengan santai dan jangan tergesa-gesa. Lakukan negosiasi dengan penjual atau bahkan jangan terburu-buru membeli barang karena bisa jadi toko lainnya menawarkan barang dengan harga yang lebih rendah.
  • Tetap perhatikan keamanan barang bawaan Anda, tentu Anda suadah tau bahwa lokasi seperti ini memiliki tingkat rawan copet yang tinggi sehingga tetap amankan sendiri barang Anda.
  • Jika pergi berbelanja bersama Anak kecil, usahakan untuk tidak terpisah karena akan sangat memberatkan Anda jika sampai terpisah dengannya. Maka lebih baik tidak perlu mengajak si kecil ketika berbelanja.

Obyek Wisata di Sekitar Pasar Baru

Chinatown

Chinatown